LOMBOK – Relawan Tagana PB PMII tidak hanya menyalurkan bantuan kepada para korban gempa Lombok. Melainkan juga menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat di pengungsian korban gempa.

Salah satu kegiatan yang digelar Tagana PB PMII yakni pemeriksaan kesehatan gratis.

“Kami mendapat infotmasi bahwa kesehatan saudara-saudara kami (korban gempa, red) terganggu. Sehingga kami telah menyiapkan alat kesehatan dan obat-obatannya. Kami juga mengirim tenaga kesehatan sebagai relawan kami,” ungkap Sekretaris Jenderal PB PMII, Sabolah Al Kalamby.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan tersebut untuk mengobati dan mencegah datangnya penyakit. Karena selama di pengungsian ada beberapa korban yang sudah terkena berbagai macam penyakit.

Untuk titik pengungsian yang rawan penyakit, lanjutnya, PB PMII menyalurkan berbagai macam obat-obatan, vitamin, hingga kelambu.
“Kelambu untuk melindungi tidur para korban dari nyamuk. Karena ada beberapa titik pengungsian yang lokasinya banyak nyamuk,” terang pemuda asal Lombok NTB ini.

Sementara itu, Tim Medis Tagana PB PMII, Salmah, mengungkapkan bahwa kebanyakan korban gempa menderita diare, sakit mata, demam dan lain-lain. Menurutnya, hal tersebut diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, serta pola lingkungan yang tidak bersih.

“Kami melakukan pengobatan sesuai dengan penyakit yang diderita para korban,” pungkasnya. (Joni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *