JAKARTA – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) dalam waktu dekat akan turun menyalurkan bantuan untuk korban gempa Lombok. Total bantuan tersebut senilai Rp 716.016.700.
Untuk diketahui, bantuan yang akan disalurkan oleh PB PMII kali ini merupakan bantuan tahap kedua. Sebab beberapa pekan lalu, PB PMII telah menyalurkan bantuan tahap pertama.

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang mengungkapkan bahwa bantuan yang akan disalurkan ini merupakan hasil aksi solidaritas yang dilakukan oleh PMII se-Indonesia. Karenanya, dia mengungkapkan apresiasi sekaligus terima kasih kepada seluruh kader PMII se-Indonesia.
“Kami PB PMII mewakili PKC, PC, PK, PR dan kader seluruh Indonesia,” ujarnya melalui rilis yang diterima SINDOnews, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya, bantuan yang akan disalurkan PB PMII meliputi dua hal. Pertama, bantuan selama pengungisan yang meliputi recovery psikologis atau trauma hilling. Bantuan kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, obat-obatan, dan pencegahan penyakit malaria.

Kemudian yang kedua adalah bantuan pasca pengungsian. Seperti renovasi pondok pesantren, renovasi mushola, serta pembagian seragam sekolah dan alat tulis untk siswa.
Dia berharap, sejumlah bantuan yang akan disalurkan PB PMII dapat bermanfaat bagi para korban gempa Lombok.

“PB PMII juga berkoordinasi dengan PKC dan PC PMII se NTB, untuk membuat posko tanggap bencana,” ucap dia.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PMII, Sabolah Al Kalamby mengatakan bahwa dengan memberikan bantuan kepada para korban gempa, menunjukkan bahwa PMII memiliki sensitifitas sosial dan solidaritas kemanusiaan. Hal terebut memang sudah menjadi doktrinisasi yang selama ini ditanam dalam diri para kader PMII.
“Sebagai pemuda asli Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), saya berterima kasih kepada kader PMII se-Indonesia yang telah membantu meringankan dan memperhatikan keluarga dan saudara kami di Lombok,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua Lembaga Bencana Alam PB PMII, Yasir Budjin Samoal menyampaikan jumlah cabang, komisariat, dan rayon yang ikut memberikan bantuan. Yakni 91 cabang, 10 komisariat, dan 1 rayon.
Pemuda asal Ambon ini juga mengungkapkan bahwa Lembaga Bencana Alam PB PMII akan menurunkan sebanyak sembilan relawan ke Lombok. “Selama dua minggu di sana (Lombok, red), kita sepenuhnya akan menghibahkan diri untuk membantu para korban,” pungkasnya dengan penuh semangat.

Sumber : sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *