SUMBAWA – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) kunjungi Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kondisi sekaligus menyalurkan bantuan kepada korban gempa di dua kabupaten tersebut.

Sekretaris Jenderal PB PMII, Sabolah Al Kalamby, menerangkan bahwa gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) bukan hanya mengguncang Kabupaten/Kota di Pulau Lombok. Melainkan dua kabupaten di Pulau Sumbawa (Sumbawa dan Sumbawa Barat, red) juga ikut terguncang.

Diungkapkan, bahwa sebelumnya pihaknya telah meninjau dan menyalurkan bantuan ke sejumlah tempat di Kabupaten/Kota di Pulau Lombok. “Sekarang giliran Sumbawa dan Sumbawa Barat,” tambah pemuda asal Lombok Tengah ini.

Sementara itu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) PB PMII, Joni Satriawan, mengungkapkan bahwa sebelum menyalurkan bantuan, terlebih dulu pihaknya telah mendatangai sejumlah tempat pengungsian di Sumbawa dan Sumbawa Barat. Dia berdialog dengan para korban gempa. Menanyakan, apa yang dibutuhkan korban selama berada di pengungsian.

“Jadi sebelum menyalurkan bantuan, kami melakukan identifikasi dulu terkait apa saja yang menjadi kebutuhan saudara-saudara kami yang menjadi korban gempa,” tuturnya.

Pemuda asal Sumbawa ini, mengungkapkan bahwa para korban di pengungsian membutuhkan sembako. Karena itu, bantuan yang disalurkannya berupa beras, mie instant, minyak goreng, air mineral, dan lain-lain.

“Sembako ini permintaan dari korban. Karena mereka masih merasa kekurangan logistik,” ungkapnya.

Secara detail, Joni juga mengungkapkan, di Kabubapaten Sumbawa dia menyalurkan bantuan di dua titik. Yakni di Desa Marente Kecamatan Alas dan Desa Labu Mapin Kecamatan Alas Barat.

Selanjutnya tiga titik di Sumbawa Barat, yakni di Desa Meraran Kecamatan Seteluk, Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang, dan Desa Mataiyang Kecamatan Brang Ene.

Dia berhap, bantuan yang disalurkannya bisa bermanfaat. Dapat membantu meringankan para korban gempa.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kami korban gempa,” harap mantan Ketua Umum PMII Cabang Sumbawa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *