LOMBOK – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) kunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Aziziyah pada Rabu (19/9). Kunjungan PB PMII ke Ponpes yang bertempat di Gunung Sari Lombok Barat itu, yakni untuk melihat situasi Ponpes tersebut paska terjadinya gempa.

Sekretaris Jenderal PB PMII, Sabolah Al Kalamby, mengatakan bahwa Ponpes Al Aziziyah sangat membutuhkan Al-Qur’an. Pihaknya menerima informasi tersebut dari pihak Ponpes itu sendiri.

“Kebetulan pihak Ponpes menyampaikan ke kami PB PMII. Sehingga kami langsung mengadakan Al-Qur’an dan menyalurkannya melalui Tagana PB PMII yang sampai saat ini masih menjadi relawan di Lombok,” ungkapnya.

Pemuda asal Lombok Tengah ini juga berpesan kepada Tagana PB PMII, agar dapat berkunjung ke berbagai Ponpes. Kemudian membantu Ponpes tersebut.

“Membantu membersihkan runtuhan-runtuhan sisa gempa, atau membantu hal-hal lain yang dapat kami lakukan semampu kami,” ujarnya.

Selain itu, Tagana PB PMII, Muhammad Edy, menyampaikan bahwa selain mendapat perintah dari pimpinannya di PB PMII, pihaknya berkunjung ke Ponpes juga untuk menjalin silaturrahim dengan tuan guru atau kiyai. Sekaligus membantu apa yang dibutuhkan Ponpes tersebut.

Menurutnya, silaturrahim dengan tuan guru atau kiyai merupakan tradisi PMII. “Kami menjalankan tradisi kami di PMII untuk sowan ke tuan guru atau kiyai.Karena beberapa waktu lalu Ponpes yang kami datangi ini terkena gempa, dan membutuhkan bantuan kami, iya kami membantu semampu kami,” ucapnya.

Edy berharap, Al-Qur’an yang telah disalurkannya ke Ponpes Al Aziziyah dapat bermanfaat bagi para santri di Ponpes tersebut. “Iya semoga saja dapat membantu aktiviatas para santri, mengaji jadi tidak terkendala,” pungkasnya. (JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *