20141112_175049

Diskusi tentang rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dilaksanakan di PB PMII pada Rabu sore (12/11). Panelis dalam Diskusi adalag Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka dan Dani Setiawan, Pengamat Ekonomi Politik. Diskusi dilaksanakan pada di Aula PB PMII lantai 2 dan dihadiri ratusan pengurus dan kader PMII Se-DKI Jakarta.

Ketua Umum PB PMII, Aminuddin Ma’ruf sedikit menyinggung salah satu panelis, dimana Fraksinya dulu menolak rencana pengurangan subsidi atau kenaikan harga BBM. Padahal ketika itu, sedang terjadi lonjakan harga pasar minyak dunia. Akan tetapi saat ini, yang justru harga minyak dunia tidak mengalami kenaikan, justru getol merencanakan pencabutan subsidi atau kenaikan harga.

Rieke Diah Pitaloka dalam penyampaiannya mengatakan, Presiden perlu berhati-hati dengan rencana kenaikan harga BBM. Memang kenaikan harga BBM menjadi hak pemerintah, namun harus memenuhi 3 unsur yaitu pertama harga minyak mentah, kedua lifting, ketiga nilai tukar. Jika ketiga unsur tersebut, maka pemerintah harus meminta persetujuan DPR.

Lebih lanjut Rieke menjelaskan bahwa Kartu Indonesia Sehat (KIS) jangan duianggap sebagai konpensasi kenaikan harga BBM. Karena KIS merupakan perubahan nama dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam kesempatan ini, Rieke juga dengan tegas menyatakan tidak setuju dan menolak rencana kenaikan harga BBM. “Kita harus peduli dan bersama-sama menyuarakan untuk menolak rencana kenaikan harga BBM. Karena kenaikan harga BBM pasti pinya efek domino. Harga-harga pasti akan mengalami inflasi dan kebutuhan hidup pasti naik pula,” terang politisi yang familiar dengan nama oneng ketika masih berprofesi sebagai artis.

Panelis Dani Setiawan juga dengan tegas menyatakan tidak setujunya terhadap rencana kenaikan harga BBM. Dani menyampaikan berdasarkan banyak data, bahwa kenaikan harga BBM akan sangat memberatkan masyarakat dan tidak harus dilakukan untuk saat ini.

dalam closing statemen lebih jelas Rieke menyatakan bahwa berjuang menolak rencana kenaikan harga BMM adalah jihad. “Menolak kenaikan harga BBM adalah jihad kita bersama,” kata Rieke yang disambut teriakan dan tepuk tangan peserta diskusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *