BANDUNG – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Bandung menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab), di gedung PWNU Jawa Barat, 14-16 Februari 2015 kemarin. Dalam Raker tersebut, PC PMII Kota Bandung fokus untuk meningkatkan kuantitas dan pemantapan kualitas kader.

“PMII akan konsen bicara soal internalisasi yang terkait percepatan kaderisasi struktur dan sistematika kajian, baik kajian ideologi, fakultatif, maupun pemikiran lain. Namun semua itu akan mengarah pada penciptan individu yang Ulul albab,” kata Ahmad Riyadi, ketua PC PMII kota Bandung.

Dari hasil raker tersebut, ia menerangkan bahwa PC PMII Kota Bandung dalam satu periode kedepan akan mengagendakan kaderisasi formal seperti Pelatihan Kader Dasar, Pelatihan Kader Lanjut, dan Mapaba bagi kampus yang belum ada komisariatnya.

“Sementara itu bentuk kaderisasi non-formal, seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan advokasi, pelatihan ekonomi, sekolah ulul albab dan pelatihan jurnalistik,” lanjut Riyadi.

Adapun dalam bidang keagamaan, mencoba untuk mengelaborasi pendidikan pasantren dengan budaya mahasiswa. Dalam arti, mahasiswa berfikir ilmiah bukan berarti lupa dengan tradisi keagamaan ala pesantren.

“Dalam bidang lintas iman, PMII mengarahkan pada persoalan tolerensi yang diejawantahkan dalam kegiatan-kegiatan yang lebih produktif dan memiliki output yang jelas,” tambahnya.(M. Zidni Nafi’/Maq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *