BANDUNG – Hubungan PMII dan Nahdlatul Ulama tidak dapat dipisahkan, meski secara struktur PMII saat ini bukan sebagai Badan Otonom (Banom) NU. Namun banyak hal yang menjadikan PMII tidak bisa dipisahkan dengan NU, bahkan dapat dipastukan PMII adalah NU. Dilihat dari sisi hostoris, PMII jelas lahir dari NU.

Dalam ruang gerak dan kultur, PMII juga tidak pernah menjauh dengan yang dilakukan NU. PMII Konsisten untuk melanjutkan perjuangan dan menjadi wadah kaderisasi bagi NU. PMII tetap pada ideologi, kultur, gerak, perjuangan dan tujuan yang sama dengan NU.

Ketua Pengurus Cabang PMII Kota Bandung, Ahmad Riyadi mengatakan akan selalu berisnergi dengan NU. PMII harus sadar dan insaf bahwa dirinya lahir dari NU. “Kita selalu bersinergi, bahkan PMII bisa jadi ruang kaderisasi yang massif bagi NU,” kata Riyadi di sela-sela pelaksanaan Rakercab, (14-16/2).

Ia menagakui, tidak semua kader PMII berasal dari keluarga Nahdliyin. Oleh karena itu, Setiap kegiatan selalu disesuaikan dengan aturan dan kebijakan organisasi. Namun arah kaderisasi tetap menjadikan kader-kader PMII menjadi kader Nahdliyin.(M. Zidni Nafi’/Maq)

2 thoughts on “PMII Bandung Siap Bersinergi dengan NU”

  1. Saya berharap PMII kembali ke struktur NU. Imbas dari tidak adanya PMII di struktur NU membuat banyak kader IPNU di pesantren2 tidak mencari PMII ketika melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.akibat dari tidak adanya kader IPNU ini di PMII,terkadang PMII mengkritisi pengurus2 NU daerah yg terlahir dari organisasi diluar PMII (non kultur NU). Entahlah,ini kesalahan siapa yang jelas tidak adanya PMII dalam struktur NU akan membuka peluang bagi kader organisasi luar untuk masuk dan melumpuhkan NU secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *