Ratusan aktivis mahasiswa dari berbagai kampus menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Jatim, Minggu (31/8/2014). Unjuk rasa dilakukan bersamaan dengan pelantikan Anggota DPRD Jatim periode 2014-2019.
Massa yang beraksi dari dua elemen mahasiswa, yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jatim.
Dalam aksinya, mahasiswa mengingatkan anggota Legislator agar mewujudkan janji-janji yang disampaikan ketika kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2014 lalu. Massa juga minta anggota DPRD Jatim dapat dan mampu mendengarkan aspirasi rakyat.
Koorlap Aksi PMII Jatim M Hasan Baisuni mengatakan, pihaknya turun ke jalan karena hingga saat ini masyarakat kecil tetap tertindas dan tidak kunjung sejahtera. Penyebabnya, karena banyaknya para pejabat yang melakukan korupsi serta tidak adanya keberpihakan kebijakan publik dalam sistem pemerintahan.
“Ini tentu sangat berbahaya bagi keberlangsungan bangsa dan negara. Makanya kami mendesak, para anggota DPRD Jatim periode 2014-2019 yang baru dilantik untuk menekan pakta integritas,” tegasnya, disela aksi.
Menurut Hasan, ada tiga pakta integritas yang harus diteken oleh para wakil rakyat di DPRD Jatim. Yakni, tidak melakukan KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme), membuat dan menjalankan kebijakan yang pro kepada rakyat, dan menjalankan fungsi judicative dan pengawasan untuk menciptakan balancing pemerintahan.
“Pakta integritas tersebut merupakan komitmen kami untuk terus mengawal jalannya roda pemerintahan di Jatim,” tandasnya.
Usai prosesi pelantikan Dewan, dua orang anggota DPRD Jatim, yakni Badrut Tamam dan Fredy Poernomo menemui massa yang menggelar aksi di depan gedung Dewan. Dihadapan massa, politisi PKB dan Golkar tersebut berjanji akan menjalankan amanah sebagai wakil rakyat sebagaimana yang tertuang dalam pakta integritas yang diinginkan para mahasiswa.
“Terima kasih, kepada sahabat-sahabat mahasiswa yang telah mengingatkan kami agar menjadi anggota Dewan sesuai dengan harapan rakyat dan untuk kemajuan Jatim,” imbuh Badrut Tamam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *