Oleh: Amran Umar

Media Massa itu merupakan alat komunikasi massa yang menjalankan kegiatan-kegiatan dibidang jurnalisik berupa mencari, mendapatkan, mengolah dan menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Eksistensi Media komunikasi sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat luas, berperan penting terutama dalam hal mencerdaskan anak bangsa dengan informasi yang terpercaya dan faktual.

Kontribusi media dalam sejarah perjalanan panjang bangsa ini dari penjajahan Belanda hingga pada saat era reformasi kini itu begitu besar. Puncaknya dulu ketika memperjuangkan kemerdekaan negara kita, peran media sangat luar biasa sehingga ada yang menyebut media massa itu sebagai media perjuangan. Bagaimana tidak kontribusi media dulu baik media cetak maupun elektronik sangat vital seperti dalam hal pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno. Seruan dari Bung Tomo untuk mengajak rakyat Surabaya dalam pertempuran 10 November, sehingga harus kita akui merdekanya negeri ini tidak terlepas dari peran media massa.

Lain dulu lain sekarang, perkembangan teknologi yang tidak bisa lagi dibendung di era kini memang memberikan banyak nilai positifnya, tetapi nilai-nilai yang negatif juga tidak sedikit. Media massa saat ini baik media cetak maupun media elektronik sangat dibutuhkan. Misalnya kontribusi media elektronik seperti Televisi (TV) dalam hal penayangan acara mengenai kebudayaan, pariwisata pendidikan dan kalau dimedia cetak bagaimana memuat berita-berita yang menarik, tidak berbau suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang intinya bagaimana peran media itu untuk mencerdaskan anak bangsa.

Akhir-akhir ini banyak media yang tidak obyektif dalam hal pemberitaan seperti pada saat pemilihan umum di mana sebagian media itu ikut campur dalam hal dunia perpolitikan dan memihak kelompok tertentu. Seharusnya hal seperti ini yang dihindari di mana media itu harus menjaga independensinya tanpa terikat oleh partai politik dan kepentingan apapun, demi kemajuan bangsa dan kepentingan bersama.

Dalam hal mencerdaskan anak bangsa seharusnya media itu menyajikan berita keseharian yang dapat dipercaya, cerdas, komplit, dalam konteks memberikan manfaat bagi semua kalangan. Media harus menjelaskan dan menyajikan nilai-nilai positif agar ke depanya media akan selalu menjadi pelopor terdepan dalam berbagai hal, tentunya hal yang bermanfaat bagi semua kalangan.

Lima tahun terakhir ini seiring dengan perkembangan jaman media online seperti malangtimes.com, kompas.com, pmiikotamalang.or.id dan lain sebagainya sangat dibutuhkan, karena perannya sangat luar biasa untuk sumber rujukan di bidang pendidikan dan penyebaran informasi yang cepat. Dalam hal ini media dapat meningkatkan tingkat pengetahuan masyarakat.

Sekarang ini, media memiliki andil yang penting dalam mengajak masyarakat untuk memerangi kekerasan, narkoba, teroris dan tindak kejahatan lainya. Karena media massa dinilai berperan positif bagi masyarakat apabila media dapat menyebarkan dan menanamkan nilai-nilai moral sebagai contoh mencintai sesama manusia, menjunjung tinggi moral, menghormati hak-hak orang lain, menyebarkan tradisi saling memaafkan, menghormati perbedaan dan mangasihi sesama.

Oleh karena itu penyuguhan berita dan siaran di media massa walaupun menghibur harus tetap mendidik untuk membangun perilaku masyarakat yang sehat. ‘melalui media mari kita mencerdaskan anak bangsa’

 

Penulis adalah Sekretaris Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Islam Malang (UNISMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *