NU dan pmii

CIREBON – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), merupakan basis gerakan mahasiswa di kampus. Demikian ditegaskan KH Ali Murtadlo, Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Cirebon. Hal tersebut disampaikan saat menerima silaturahim PC PMII Kabupaten Cirebon di Kantor PCNU, Jum’at (2/1).

“PMII adalah basis gerakan NU di kampus. Sehingga antara NU dan PMII saling bersinergi,” jelas Kiai Ali yang merupakan alumni PMII STIQ Jakarta.

Silaturahim PC PMII Cirebon ini diterima Rais Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Usamah Manshur dan Ketua Tanfidziah.

Kiai Ali juga menambahkan bahwa saat ini PMII perlu memperkuat diri dari segi al-fikratul an-nahdliyah (pemikiran ke-NU-an) dan juga al-harakatul an-nahdliyah (gerakan ke-NU-an).
Hal senada disampaikan KH Usamah Manshur bahwa PMII merupakan anak kandung NU maka sudah selayaknya antara PMII dan NU saling bergandengan tangan menjaga, mempertahankan dan mengembangkan Ahlussunnah Wal-Jama’ah dan tradisi-tradisi NU dikalangan mahasiswa.

“Ada anekdot yang mengatakan bahwa PMII adalah anak hilang yang belum pulang kembali,” kata pengasuh Pondok Pesantren Annashuha ini.

Terlepas PMII menjadi banom kembali atau tetap interdependen yang terpenting adalah tetap mengembangkan Aswaja annahdliyyah di kampus masing-masing juga di masyarakat. “Alhamdulillah, anak yang dulu hilang kini sudah kembali,” katanya.

Ketua PC PMII Kabupaten Cirebon, M. Yazidul Ulum, menyampaikan shilaturahim ini dalam rangka pengenalan kepengurusan baru PMII Cirebon yang rencananya akan dilantik pada 10 Januari 2014 mendatang. “Ke depan tidak ada lagi pengurus cabang dan kader juga anggota PMII Cirebon yang tidak mengenal orang tuanya (NU-red),” katanya.

Yazid menambahkan, silaturahim juga bertujuan memperkuat arah pergerakan dan tradisi ke-NU-an. “Dengan silaturahim ini kami berharap ke depan antara PMII dan PCNU bisa saling bekerja sama melaksanakan program kerja yang manfaatnya untuk para mahasiswa di Cirebon,” lanjut Yazid.

yazid juga melaporkan bahwa dari data yang dihimpun, saat ini tercatat ada 1.500 anggota dan 200 kader PMII Cirebon terdapat berbagai kampus di Cirebon seperti IAIN Syekh Nurjati, Unswagati Cirebon, STAI Ma’had Ali Cirebon, STAI Bunga Bangsa Cirebon, STAI Cirebon, UNU Cirebon, dan STID Al Biruni Cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *