PC PMII Kabupaten Kubu Raya dan Himpunan Mahasiswa Kubu Raya, Kalimantan Barat, mendesak Bupati untuk mencabut ijin 2 perusahaan. Perusahaan tersebut adalah PT. Citra Tumbuh Berkembang dan PT Nusa Jaya Perkasa 2. Sebab desakan tersebut dikarenakan perusahaan perkebunan menjadi pemicu konflik dengan masyarakat.

Konflik perkebunan kelapa sawit di Kubu Raya semakin memanas. Seperti yang terjadi di Kecamatan Kubu, konflik terus terjadi tetapi perusahaan malah memperluas areal garapannya.

Musta’in Billah, Ketua Umum PC PMII Kubu Raya, menyatakan bahwa Bupati Kubu Raya hanya mencari pencitraan belaka. Sebelumnya Bupati Kubu Raya mendapatkan Investmen Award dari Badan Penanaman Modal Republik Indonesia. “Bupati hanya melakukan pencitraan. Bupati mengabaikan masyarakatnya. Seharusnya Bupati tidak mengabaikan masyarakatnya untuk mendapatkan investmen award,” terang Musta’in.

Hal senada dinyatakan Tapyin selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Kubu raya. Menurutnya Bupati harus bijak dalam mengeluarkan ijin. Adanya perusahaan perkebunan banyak menimbulkan konflik di masyarakat (khususnya 2 perusahaan tersebut).

“Adanya 2 perusahaan tersebut, menimbulkan konflik dengan masyarakat. Perusahaan melakukan penyerobotan lahan milik masyarakat,” terang Tapyin.

Tapyin menjelaskan bahwa yang terjadi di Kubu Raya sangat parah. Bukan sekedar penyerobotan lahan, tapi kriminalisasi juga terjadi. “Warga yang tidak mau bekerja sama denganperusahaan akan dikriminalisasi,” jelas Tapyin.

One thought on “Mahasiswa Desak Bupati Cabut Ijin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *