KOTABUMI – Mengembangkan usaha mandiri sudah menjadi salah satu program prioritas PC PMII Lampung Utara. Terbukti, pengurus cabang ini mampu berkreatifitas dengan helaian terpal, yang kemudian disulap menjadi kolam ikan.

Fitriyani, Ketua PC PMII Lampung Utara mengatakan, selain untuk meningkatkan ekonomi mandiri, budidaya ikan melalui kolam terpal tersebut dilakukan juga untuk memberdayakan kreatifitas pemuda PMII Kotabumi. Dengan ini ia menegaskan, bahwa alumni PMII tidak hanya mampu bersaing di dunia politik. Namun juga ahli dalam dunia usaha dan kreatifitas produktif.

“Jadi pasca menjadi mahasiswa diharapkan para kader bukan hanya pandai mengorganisir masa dan berpolitik. Tapi juga harus dapat mengembangkan sektor dunia usaha. Kita baru mulai dengan pembesaran ikan lele dengan kolam terpal, mudah-mudahan ke depan banyak sector pertanian dan peternakan lain yang bisa kita kembangkan,” ujarnya.

Hasil jerih payah inipun mendapat perhatian dari dinas setempat. Riduan S.Pi, Kabid Perencanaan Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara, yang didampingi Bunga selaku tim teknis meninjau kolam budidaya ikan tersebut, kamis (26/2). Sembari meninjau, Riduan juga memberikan berbagai masukan untuk mengembangkan budidaya ikan tersebut. Hal tersebut terkait pengelolaan benih ikan, tata cara pemberian pakan, kadar air dan cara pembuatan kolam yang menggunakan terpal yang baik.

”Kita akan lakukan pembinaan secara intens terhadap kelompok perikanan ini. Terlebih pelaksananya adalah para mahasiswa yang kreatif dalam dunia usaha perikanan,” ujar Riduan.

Selanjutnya, Riduan juga menyebutkan bahwa pihaknya akan menyediakan bibit ikan dan pakan untuk budidaya tersebut. ”Kita akan sediakan bibit dan pakan ikan. Namun kita minta supaya kolam yang terbuat dari terpal ini diperbaiki dan dilengkapi saluran pembuangan. Sehingga jika hujan air tidak memenuhi kolam terpal ini,” terangnya.

Kedua kolam terpal itu, lanjut Riduan, akan dibuat menjadi tempat pembesaran ikan dan pemisahan sehingga untuk jenis ikan yang besar dan kecil bisa dipisahkan.

”Paling tidak kita siapkan bibit sekitar 500 sampai 1000 bibit ikan. Jika sudah berkembang harus dilakukan pemisahan antara bibit yang kecil dan besar, karena ikan lele itu kanibal,” tutup Riduan.(Ridwan/Poy)

One thought on “Ekonomi Mandiri, PMII Lampura Buat Kolam Ikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *